Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi (RSUD Cileungsi) Kabupaten Bogor merupakan salah satu instansi pelayanan kesehatan, dituntut untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik sesuai dengan standar dan memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat secara optimal. Dalam perkembangan teknologi dan kemajuan masyarakat saat ini, kebutuhan akan kesehatan baik perorangan maupun masyarakat, sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dianggap biasa, karena kesadaran masyarakat akan hidup sehat sudah semakin meningkat.
RSUD Cileungsi telah melaksanakan survey penilaian Akreditasi Rumah Sakit “ STANDAR NASIONAL AKREDITASI RUMAH SAKIT EDISI 1 (SNARS edisi 1) dan dinyatakan lulus “PARIPURNA”. Dimana dalam memenuhi fungsinya sebagai instansi Kesehatan, RSUD Cileungsi selalu berusaha meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat melalui pengembangan layanan kesehatan, pemutakhiran sarana prasarana kesehatan sesuai prasayarat dan peraturan yang berlaku, serta meningkatkan kemampuan dan jumlah sumber daya manusia.
Pada Awal Tahun 2020 di Indonesia mulai ditemukan kasus penyebaran jenis varian influenza baru yang dikenal dengan istilah COVID–19 (Corona Virus Disesase). Kasus tersebut pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina pada Desember 2019. Varian baru influenza ini dengan cepat menyebar keseluruh penjuru dunia dan mengakibatkan dunia mengalami Pandemi Covid-19. Kasus pertama di Indonesia ditemukan di Kota Depok, Jawa Barat pada pertengahan bulan Februari 2020. Cepatnya penyebaran kasus covid-19, menunjukkan banyaknya masyarakat yang terpapar, sehingga penanganannya menjadi perhatian khusus dan fokus dari Pemerintah, Insan Kesehatan dan Rumah Sakit, sehingga 4 RSUD milik pemerintah Daerah Kabupaten Bogor menjadi rumah sakit rujukan dalam penanganan kasus covid-19 salahsatunya RSUD Cileungsi. Persiapan dan perencanaan pemenuhan sarana prasarana penunjang layanan penanganan Covid-19, standar operasional prosedur serta penambahan SDM terkait dilakukan oleh RSUD Cileungsi.
Penanganan Pasien Covid-19 di RSUD Cileungsi kabupaten Bogor pada tahun 2020 (bulan Maret-Desember) sebanyak 566 orang dan pada tahun 2021 mengalami kenaikan kasus yang signifikan yaitu sebanyak 1553 orang. Tentunya dalam penanganan kasus ini dilakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan serta Pemerintah Kabupaten Bogor.
RSUD Cileungsi Kabupaten Bogor sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid-19 mengedepankan fast respon dengan layanan one stop solution diwujudkan dengan kelengkapan sarana prasarana sesuai standar, mulai dari ruang gawat darurat, ruang rawat isolasi, ruang operasi bertekanan negatif, ruang bersalin dan ruang hemodialisa isolasi, ruang rawat intensif khusus Covid-19, serta penunjang diagnostik yang lengkap.
Selain rumah sakit sebagai pusat rujukan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang cepat serta tepat sasaran, hal ini pun menjadi motivasi bagi unit pemberi pelayanan kesehatan untuk terus berbenah dan meningkatkan kemampuan atau keahlian sesuai kebutuhan masyarakat termasuk standar pelayanan yang berkualitas dan memenuhi standar internasional. Hal ini sesuai dengan visi RSUD Cileungsi yaitu “Terwujudnya Pelayanan Kesehatan Rujukan yang Bermutu dan Terjangkau”.
Untuk mencapai visi tersebut, RSUD Cileungsi berupaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis baik dokter spesialis maupun dokter umum, pemenuhan tenaga perawat, pemenuhan tenaga non medis lainnya, penambahan sarana alat kedokteran dan non alat kedokteran yang sesuai dengan standard yang dapat mempercepat pelayanan kepada pasien.
Gambaran Jumlah layanan terhadap pasien non-Covid di rawat jalan menurun sejak bulan April 2020 sampai bulan agustus 2021. Dikarenakan pembatasan jumlah pasien di poliklinik untuk menghindari penumpukan jumlah pasien di rumah sakit yang beresiko terhadap penularan penyakit. Tetapi pada bulan September – Desember 2021 jumlah kunjungan meningkat Kembali. Adanya penurunan kunjungan pasien umum di layanan rawat inap dikarenakan adanya pengurangan jumlah tempat tidur yang dialihkan menjadi layanan isolasi Covid-19 dan gambaran layanan terhadap kasus Covid-19 pun trendnya menurun di bulan Oktober – bulan Desember 2021. Layanan skrining Poli ISPA untuk mencegah masuknya pasien suspek Covid-19 kedalam poliklinik. Pemeriksaan Pegawai yang terpapar Covid-19 dilakukan penilaian kinerja untuk mencegah berkembangnya cluster perkantoran di area rumah sakit dan untuk meningkatkan taraf kesehatan pegawai rumah sakit, dikarenakan banyak juga tenaga kesehatan yang terpapar covid-19.
Dengan motto : “Kami Ada Untuk Kesehatan Anda” kepada semua pegawai diwajibkan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan rumah sakit baik pasien, keluarga pasien, tamu, maupun pegawai dengan hati dan senyum sehingga pelanggan rumah sakit semakin puas dengan pelayanan yang diberikan.
Profil RSUD Cileungsi merupakan hasil kegiatan pelayanan selama tahun 2021 yang telah dilaksanakan di RSUD Cileungsi. Profil ini merupakan informasi yang tersusun dari seluruh pelayanan kesehatan yang ada, menggambarkan keadaan umum, kinerja, perkembangan pelayanan, sumber daya manusia serta upaya yang telah dilakukan guna meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan mutu pelayanan rumah sakit dan merupakan salah satu bahan evaluasi pencapaian kinerja dari indikator target yang ditetapkan serta sebagai masukan dalam memecahkan masalah yang harus diselesaikan serta sebagai bahan pertimbangan dalam membuat suatu perencanaan rumah sakit yang akan datang.
Data Dasar RSUD Cileungsi
Nama Rumah Sakit | : | Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi |
Alamat
Kode Pos |
:
: |
Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM.10, Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia
16820 |
Status Kepemilikan | : | Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor |
Kelas Rumah Sakit | : | Tipe B |
Penetapan Kelas B RSUD Cileungsi | : | SK Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Nomor: 442/16/021030/DPMPTSP/2020 |
Tanggal
Pembentukan RSUD Cileungsi Kelas B
Tanggal |
:
:
: |
23 Desember 2020 Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor: 2 tahun 2012 19 April 2012 |
Ijin Operasional Tetap RSUD Cileungsi | : | Surat Keputusan Bupati Bogor
Nomor:445/153/Kpts/Per-UU/2013 |
Tujuan umum RSUD Cileungsi :
Dalam mewujudkan Misi yang telah ditetapkan, RSUD Cileungsi mempunyai tujuan adalah sebagai berikut:
- Tersusunnya laporan hasil kegiatan pelayanan kesehatan dan informasi tentang capaian & perkembangan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi tahun 2021;
- Tersedianya data layanan tahun 2021.
Tujuan Khusus RSUD Cileungsi :
Dalam mewujudkan Misi yang telah ditetapkan, RSUD Cileungsi mempunyai tujuan adalah sebagai berikut:
- Sebagai masukan untuk bahan penyusunan perencanaan, pengawasan dan pengendalian dalam upaya meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan mutu pelayanan rumah sakit;
- Sebagai persyaratan administrasi dalam mengelola kebutuhan organisasi RSUD Cileungsi.
Motto RSUD Cileungsi
“KAMI ADA UNTUK KESEHATAN ANDA“ |
Nilai-Nilai Luhur yang ada di RSUD Cileungsi, Sebagai berikut:
No | Nilai Luhur | Pengertian |
1 | Ramah | Baik dalam berprilaku, sopan dalam tutur kata dan bahasa, akrab dalam bergaul dan bersimpati terhadap sesama |
2 | Disiplin | Mentaati semua peraturan yang berlaku dalam lingkungan kerja, selalu tepat waktu dalam bekerja dengan sesuai tugas pokok dan fungsinya dan disiplin dalam bekerja |
3 | Komitmen | Menjunjung tinggi semangat kebersamaan dalam bekerja, rasa senasib dan sepenanggungan, seiya dan sekata dan memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi pada pimpinan dan profesi |
4 | Sabar | Tenang dalam bertindak, tidak mudah terpancing emosi, tidak mudah putus asa dalam berusaha dan tidak tergesa – gesa dan mengambil keputusan |
5 | Rapih | Teratur dalam menyusun sesuatu dan baik dalam berpenampilan |
6 | Adil | Tidak berat sebelah, tidak memihak pada salah satu kepentingan dan mengambil keputusan sesuai dengan hak dan kewenangan |
7 | Cekatan | Bekerja dengan cepat dan rapi, tanggap, sigap, tepat dan akurat |
8 | Responsif | Cepat dalam bertindak dan tidak menanti/ menunda pekerjaan |
9 | Transparan | Menerapkan sistem keterbukaan dengan sesama rekan kerja dan tidak menyembunyikan sesuatu baik informasi maupun pengetahuan |
10 | Informatif | Selalu memberikan keterangan yang baik kepada pasien ataupun rekan kerja dan memberikan penjelasan dengan lengkap, terarah dan mudah dipahami |