Anak Nyaman di Ruangan Bermain RSUD Cileungsi

May 3, 2019 Foto, Nasional, Seputar OPD

Anak Nyaman di Ruangan Bermain RSUD Cileungsi


Hospitalisasi merupakan perawatan yang dilakukan dirumah sakit dan dapat menimbulkan trauma dan stress pada pasien yang baru mengalami rawat inap dirumah sakit. Hospitalisasi dapat diartikan juga sebagai suatu keadaan yang memaksa seseorang harus menjalani rawat inap di rumah sakit untuk menjalani pengobatan maupun terapi yang dikarenakan pasien tersebut mengalami sakit. Pada anak, efek hospitalisasi umumnya berupa:

  • Menolak makan
  • Sering bertanya
  • Menangis perlahan
  • Tidak kooperatif terhadap petugas kesehatan

Untuk mengurangi efek hospitalisasi, dibutuhkan kegiatan yang membuat anak nyaman selama anak dirawat di Rumah Sakit. Kegiatan anak secara umum adalah bermain. Bermain merupakan sifat naluriah seorang anak. Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Bermain membantu mengembangkan imajinasi anak, kreativitas, kemampuan dalam memecahkan masalah dan meningkatkan keterampilan sosial.

Untuk itulah RSUD Cileungsi bekerja sama dengan Disney dari Singapura untuk menyediakan tempat yang nyaman untuk anak, baik di rawat inap maupun rawat jalan. Di rawat jalan disediakan ruangan bermain sehingga anak dapat menunggu antrian berobat sambil bermain. Sedangkan ruangan rawat inap dihias dengan gambar dari karakter Disney yang meliputi dinding, gorden, sprey, dll. Diharapkan anak sakit yang dirawat di RSUD Cileungsi merasa nyaman saat perawatan, sehingga efek hospitalisasi berkurang dan lebih cepat membantu proses penyembuhan pasien.